Cara Memperoleh Modal Usaha untuk memulai Bisnismu

Saat kita memiliki gagasan untuk membuat sebuah usaha, maka penting untuk mempertimbangkan beberapa hal seperti ide usaha, skala usaha, tenaga kerja, permintaan pasar, kompetisi, dan yang sangat mendasar  adalah bagaimana cara memperoleh modal usaha nantinya. Modal dan segala sumberdaya usaha seperti halnya sebuah pondasi awal dari usaha yang akan dikembangkan.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa modal itu bukan hanya sekedar uang atau aset saja, melainkan dapat berupa pengetahuan akan  usaha itu sendiri, bisa juga berupa pengalaman, keberanian, serta jaringan kerja. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa dari beberapa modal tersebut, ternyata banyak pengusaha yang sering terkendala dalam hal mendapatkan modal awal berupa uang atau aset.

Cara Memperoleh Modal Usaha untuk memulai Bisnismu

Dalam artikel ini kita akan cari tau bagaimana cara memperoleh modal usaha untuk mengembangkan usaha kita.  Berdasarkan hasil pencarian, ternyata terdapat  beberapa cara yang bisa dicobakan untuk memperoleh modal usaha, diantaranya :

Memperoleh Modal usaha dari Dana Hibah Perusahaan


Modal awal suatu usaha dapat diperoleh dari program-program bantuan yang sering diadakan perusahaan. Salah satunya adalah dengan mengikuti program bantuan modal dari dana hibah perusahaan, baik itu perusahaan pemerintah ataupun perusahaan swasta. Pada saat ini biasanya perusahaan-perusahaan besar telah menyisihkan anggaran dana tersendiri untuk melaksanakan program bantuan membangun perekonomian masyarakat.

Program tersebut, kini tidak hanya untuk masyarakat di sekitar perusahaan saja, melainkan sudah banyak program  bantuan yang juga ditujukan kepada masyarakat umum. Program tersebut biasanya dilakukan dengan menyalurkan dana modal usaha perusahaan melalui Divisi CSR (Corporate Social Responsibility), yang kemudian disalurkan dalam bentuk suatu kegiatan (event competition ).  Nah, event atau kegiatan-kegiatan seperti itulah yang harus dijadikan peluang bagi para pengusaha agar dapat memperoleh modal usaha, tentunya diperlukan kemaun dan tekad yang kuat supaya tidak patah semangat saat mencari dan mengikuti kegiatan tersebut ya.

Memperoleh modal usaha dengan menggunakan dana Anda sendiri


Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh para pengusaha yang memang masih memiliki dana yang terbilang cukup. Dengan cara ini sobat dapat memperoleh modal usaha dari dana pribadi, contohnya yaitu dengan memakai dana simpanan atau tabungan.

Seandainya masih belum mencukupi, karena tabungna yang sobat miliki hanya sedikit, maka sobat bisa mencoba untuk mencukupi kekurangan dana tersebut dengan cara menjual sebagian aset atau barang berharga yang tengah sobat miliki saat ini. Biasanya yang sering digunakan adalah berupa perhiasan, Logam Mulia ataupun kendaraan. Memang untuk memulai suatu usaha diperlukan keberanian mengambil resiko, dan tidak ada salahnya sedikit berkorban untuk kesuksesan bisnis bukan? Anggaplah saat ini sobat sedang melakukan sebuah investasi demi mendapatkan hasil yang jauh lebih besar.

Memeperoleh Modal Usaha dengan Menjalin Kerjasama Partner


Pasti sobat memiliki teman atau saudara bukan ? Nah, sudahkah sobat mencari tau sipakah salah satu dari mereka yang ternyata memiliki minat dan pemikiran yang sama ? biasanya jika sobat sudah memiliki kenalan yang sepemikiran, mereka akan tertarik dengan sendirinya mengenai gagasan ide usaha yang sobat curhatkan kepadanya.

Meskipun sudah tertarik dengan gagasan kita, tetapi tanggapan mereka ternyata dapat berbeda-beda, bisa saja mereka hanya memberikan bantuan berupa uang sebagai modal, atau bisa saja hanya mencukupi operasional bisnis sehari-hari. Nah, dengan melakukan kerjasama partner, memang nantinya kemungkinan sobat akan memperoleh tambahan dana untuk modal usaha sobat. Hanya saja, sobat harus melakukan perjanjian kerjasama yang jelas. Dan membuat semacam surat kesepakatan tertulis yang berisi hal penting. Contohnya membahas dalam hal pembagian hasil, supaya nantinya kedua belah pihak tidak ada yang akan merasa dirugikan.

Mencari modal melalui Investor


Tidak jauh berbeda dengan cara memperoleh modal melalui kerjasama, pada intinya mencari modal melalui investor juga dapat membantu kita untuk mendapatkan dana dari pihak ketiga. Hanya saja seorang investor biasanya tidak au repot. Sehingga pada umumnya mereka hanya akan memberikan modal berupa dana saja, tanpa ikut membantu dalam hal operasional usaha. Tentunya, dalam melakukan kesepatan dengan investor, harus dibuatkan surat perjanjian yang berisi hal-hal penting, seperti pembagian hasil atau kesepakatan lain, agar nantinya bila terjadi sesuatu di kemudian hari, kedua belah pihak tidak akan ada yang merasa dirugikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperoleh Modal Usaha untuk memulai Bisnismu"

Posting Komentar

Blog ini jauh dari kata sempurna sehingga memerlukan Saran dari Sobat Pembaca