Cara Membuat Backlink Yang Benar Itu Gimana ? Panduan Seo Pemula

Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips mengenai bagaimana cara membuat backlink yang benar. Dengan menerapkan cara ini, nantinya blog sobat akan memiliki nia seo yang baik, sehingga lebih mudah untuk masuk dan menempati page one Google. Namun tentunya isi konten yang berkualitas juga menjadi faktor yang lebih utama ya....

Search engine optimization atau sering disingkat Seo, merupakan hal yang tidak terlepas dari adanya penggunaan backlink. Apakah yang dimaksud backlink ? backlink dapat diartikan sebagai tautan atau link yang ada pada sebuah tampilan website tetapi menuju tampilan website lain. Dengan kata lain adanya sebuah backlink menunjukkan bahwa sebuah website memberikan rekomendasi kepada pengunjungnya untuk mengunjungi link yang mengarah website lain.

Cara Membuat Backlink Yang Benar Itu Gimana ?

Cara Membuat Backlink Yang Benar

Sebuah blog yang telah memiliki cukup banyak backlink berkualitas pada umumnya memiliki ranking yang bagus dimata mesin pencari. Oleh karena itu mesin pencari akan lebih mengutamakan blog tersebut untuk berada di halaman utama, dalam hasil pencarian untuk suatu kata kunci tertentu. Lantas bagaimanakah cara membuat backlinks yang benar untuk blog kita?

Nah, dibawah ini adalah beberapa cara yang dapat sobat gunakan untuk membangun dan membuat backlinks yang benar dan juga berkualitas untuk blog kita:

1. Cara Membuat Backlink Lewat Blogwalking

Apa itu Blogwalking? Blogwalking merupakan suatu kegiatan melakukan kunjungan ke blog-blog milik orang lain, lalu meninggalkan komentar dan juga sekaligus meninggalkan URL yang menuju ke blog milik kita didalam komentar tersebut. Berdasarkan manfaatnya terdapat 2 keuntungan dari kegiatan blogwalking ini, yaitu kita mendapatkan backlink, dan juga biasanya mendapat kunjungan langsung dari pemilik blog ataupun orang lain yang ikut berkomentar.

Yang sangat perlu kita perhatikan untuk mendapat backlink yang berkualitas dari kegiatan blogwalking ini, yaitu kita tidak boleh berkomentar secara asal-asalan melainkan harus berkomentar secara baik, agar nantinya tidak dianggap spam oleh penulis blog tersebut. Kita juga harus memberikan komentar yang se-relevan mungkin dengan artikel yang ada, makanya disarankan agar sobat membaca artikel tersebut terlebih dahulu, jangan langsung main komentar. Berikut ini contoh komentar yang sering dianggap spam :  “Artikelnya bagus, thanks ya”, “Good job bos”, “pertamax gan”, “Waw baru tau nih”, “menarik sekali mampir tempat aku ya” dan masih banyak komentar-komentar lain yang terlalu singkat. Yang tentunya itu akan dianggap spam dan justru bisa membahayakan blog kita.

2. Cara Membuat Backlink Lewat Situs Social Bookmarking

Kegunaan situs social bookmarking yaitu agar dapat memudahkan pengunjung untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai. Sehingga akan memudahkan pengunjung ketika ingin mencari dan membuka blog itu lagi. Hingga saat ini, situs social bookmarking sudah banyak digunakan oleh para blogger yang menerapkan  SEO. Tujuannya tidak lain adalah untuk membantu mempopulerkan blog mereka di halaman mesin pencari.

Berdasarkan pengamatan, ternyata mesin pencari seperti Google juga melakukan penjelajahan terhadap halaman-halaman social bookmarking tersebut, guna mengetahui situs-situs blog yang sering disimpan oleh para pengguna internet.  Alhasil blog yang sering disimpan akan mendapatkan posisi yang baik dalam pencarian di search engine.


3. Cara Membuat Backlink Lewat Artikel Direktori

Artikel direktori merupakan artikel yang kita buat dan kita sisipkan URL blog kita didalamnya, lalu kita submit-kan ke situs-situs artikel direktori, seperti yang sudah terkenal hingga saat ini, untuk artikel bahasa Inggris bisa di Ezinearticles.com sementara artikel bahasa Indonesia bisa submit ke cuitcuit.com dan masih banyak situs lainnya. Cara ini seringkali digunakan dalam kegiatan marketing dan juga membangun backlink.

4. Dengan Cara Menjadi Guest Blogger

Cara membuat backlink selanjutnya adalah dengan menjadi guest blogger di sebuah situs blog yang sudah mapan. Dengan menjadi guest blogger merupakan salah satu cara ampuh yang dapat membuat blog kita cepat populer, karena mendapat branding dari nama kita sebagai penulisnya.

Yap, dengan adanya nama kita yang menjadi penulis di blog orang lain, lalu kita memposting artikel yang bagus dan sesuai dengan topik yang ada di blog tersebut, maka nama kita akan semakin terkenal. Dan pada bagian biografi penulis kita juga bisa memeperkenalkan diri, lalu memasang link yang menuju ke kita. Akhirnya kita bisa mendapat 2 keuntungan yaitu backlink dan juga visitor gratis.

5. Membangun Back link lewat posting di Forum Signature

Ada banyak sekali situs forum yang dapat kita jumpai di internet, seperti forum gamers, blogger, sampai forum para wirausahawan juga ada di internet. Nah saat ini situs kaskus.co.id menjadi salah satu forum yang terkenal dan terfavorit di kalangan masyarakat indonesia. Ada berbagai topik yang telah dibahas di forum tersebut. Selain itu, situs forum lainnya yang juga sudah cukup terkenal adalah ads-id, yaitu forum para publisher adsense di Indonesia.

Di forum Ads-id.com tersebut, para member yang sudah terverifikasi dan juga para donatur diberikan kebebasan untuk memasang signature masing-masing. Yang mana signature tersebut akan terlihat di setiap post yang kita kirimkan kedalam forum tersebut. Nah, dengan cara menambahkan sebuah link untuk menuju ke blog kita didalam signature tersebut, maka kita bisa membuat backlink berkualitas dan juga mendatangkan visistor dari forum tersebut secara gratis...

6. Membangun Backlink Melalui Social Media

Backlinks yang berasal dari situs social media juga merupakan backlinks yang sangat berkualitas, contohnya seperti backlinks dari Twitter, Google plus, Facebook dan lain-lain. Meskipun pada umumnya backlinks dari situs-situs social media ini merupakan backlink Nofollow, namun ternyata mesin pencari seperti google juga tetap memperhitungkannya loh....

Selain memberi backlink tentunya dengan kegiatan memposting artikel kita di media sosial, juga dapat mendatangkan pengunjung terutama dari teman atau followers kita di social media tersebut. Oleh sebab itu, didalam setiap membangun blog sebaiknya kita juga harus membuatkan akun social media tersendiri untuk blog kita, seperti fans page Facebook dan juga akun twitter khusus blog kita. Tetapi kita juga harus rajin dalam meberikan update pada masing-masing akun media sosial tersebut agar para followersnya lebih tertarik.

Sebenarnya masih terdapat banyak cara untuk membangun backlinks ke blog kita, sehingga artikel ini belumlah selesai sepenuhnya. Dan akan diupdate pada kesempatan berikutnya. Jika Sobat mempunyai cara lain yang berbeda ataupun memiliki masukan mengenai cara membuat backlink yang benar silahkan sharing di kolom komentar dibawah ya......

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Backlink Yang Benar Itu Gimana ? Panduan Seo Pemula"

Posting Komentar

Blog ini jauh dari kata sempurna sehingga memerlukan Saran dari Sobat Pembaca