Pengertian Desain Grafis dan Contohnya

Apa kamu sudah tau Apa itu desain grafis ? Mungkin kamu sering mendengar kata desain grafis tersebut, namun kamu belum mengerti seperti apa definisi desain grafis secara gamblang. Maka dari itu untuk menjawab rasa penasaranmu mengenai pengertian desain grafis, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian desain grafis dan juga macam-macam contoh desain grafis ini.

Yap, langsung saja kita meluncur ke TKP, hehe...

Pengertian Apa itu Desain Grafis

Pada dasarnya, pengertian desain grafis adalah salah suatu bentuk dari komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan dengan seefektif mungkin.

Jadi beda ya, antara desain grafis dengan desain komunikasi visual (DKV), karena desain grafis itu hanya cakupan dari DKV.

Desain grafis berasal dari 2 kata, yaitu Desain dan Grafis. Desain adalah perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, sementara grafis merupakan ilmu perancangan titik ataupun garis menjadi sebuah bentuk gambar yang dapat memberikan informasi dan berhubungan dengan percetakan.

Dapat disimpulkan desain grafis merupakan ilmu yang menggunakan kreatifitas dalam perancangan bentuk gambar, dengan  tujuan akhir untuk kepentingan percetakan.

Karena bentuk akhir dari desain grafis adalah gambar 2D, maka teks juga dianggap gambar sebab merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Biasanya desain grafis juga diterapkan dalam fine art dan desain komunikasi.

Contoh Desain Grafis

Contoh Desain Grafis yaitu pembuatan spanduk, pembuatan logo, pembuatan brosur, dan lainnya.

Beberapa contoh brosur hasil desain grafis
Beberapa contoh brosur hasil desain grafis

Memang pada awalnya desain grafis hanya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini desain grafis juga sudah mulai diterapkan kedalam media elektronik, yang sering kali dikatakan sebagai desain multimedia atau desain interaktif.

Menurut beberapa sumber saat ini Batas dimensi dari lingkup Desain Grafis juga telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain, sehingga tidak hanya 2D saja. Katanya, desain grafis saat ini dapat diaplikasikan kedalam sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

Seseorang yang bergerak dalam bidang desain grafis biasa disebut dengan Desainer Grafis. Desainer grafis betugas menciptakan hasil kreatifitasnya berupa karya menarik untuk publisher, penerbit media cetak dan media elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk.

Tanggung jawabnya seorang Desainer grafis yaitu untuk menghasilkan tampilan yang keren dan menarik, yang dapat diterapkan kedalam berbagai bentuk materi promosi, terutama untuk produk dan publik.

Perlengkapan yang dibutuhkan oleh seorang desainer grafis adalah alat gambar tangan, dan komputer, tentu saja dilengkapi dengan adanya ide, pandangan, dan kemampuan tangan yang lihai.

Sebuah konsep atau ide biasanya belum bisa dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau diwujudkan kedalam bentuk visual. Jadi jika hanya mampu menghasilkan pemikiran saja belum dapat dikatakan sebagai seorang Desainer Grafis.

Yap, sampai disini dulu pembahasan kita tentang Pengertian Desain Grafis dan Contohnya, sampai jumpai di artikel berikutnya, terimakasih sudah mampir ya.....

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengertian Desain Grafis dan Contohnya"

  1. Kirain sama contoh2nya :D btw, thanks gan artikelnya sangat membantu..

    BalasHapus
  2. kalo contohnya sudah disebutkan mas, yaitu brosur, pembuatan spanduk, dll. tapi kalo project pembuatannya memang tidak dipaparkan.

    BalasHapus

Blog ini jauh dari kata sempurna sehingga memerlukan Saran dari Sobat Pembaca