Pengertian Definisi Public Relations Menurut Ahli

Pengertian Definisi Public Relations 
Public Relations banyak didefinisikan oleh para ahli. Beberapa definisi Public Relations menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

Definisi Public Relations menurut Cutlip , Center and Broom, adalah sebagai berikut: 

“Public Relations adalah fungsi manajemem yang menyatakan, membentuk dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dengan berbagai macam publik, dimana hal tersebut dapat menentukan sukses atau gagalnya suatu organisasi”. (Yulianita, 2003: 34)

Sedangkan dari The British Institute Of Public Relations, 1987 adalah sebagai berikut: “Praktek Public Relations adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya” (Yulianita, 2003: 31). 

Lalu Frank Jefkins mengemukakan definisi Public Relations yaitu:

“Public Relations consist of all forms of planned communication. Outwards, between an organization and its publics for the purposes of achieving specific objectives concerning mutual understanding. Public Relations adalah sesuatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, yakni antara suatu organisasi dengan publiknya dalam rangka mencapai tujuan spesifik atas dasar adanya saling pengertian”. (Yulianita, 2003: 33). 

Adapun lebih lengkapnya definisi Public Relations menurut J. C Seidel adalah sebagai berikut:

“Public Relations adalah proses yang kontinu dari usaha-usaha management untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para langganannya, pegawainya dan publik umumnya, ke dalam dengan mengadakan analisa dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, ke luar dengan mengadakan pernyataan” (Abdurrachman,2001: 25).

Dari definisi-definisi yang telah dijelaskan di atas diketahui bahwa Public Relations adalah suatu kegiatan untuk menanamkan dan memperoleh pengertian, nama baik, kepercayaan dan penghargaan.

Dengan demikian di dalam Public Relations terdapat usaha untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antar suatu badan dengan publiknya.

Tujuan Public Relations
Untuk mengkaji tujuan public relations, berikut akan dikutip pendapat beberapa ahli antara lain:

Menurut Charles S. Steinberg, tujuan public relations adalah menciptakan opini publik yang favorable tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh badan yang bersangkutan. Sedangkan menurut Frank Jefkin tujuan public relations adalah meningkatkan favorable image atau citra yang baik dan mengurangi atau mengikis habis sama sekali unfavorable image atau citra yang buruk terhadap organisasi tersebut. Adapun tujuan public relations secara universal pada prinsipnya adalah:
  1. Menciptakan citra yang baik
  2. Memelihara citra yang baik
  3. Meningkatkan citra yang baik
  4. Memperbaiki citra jika citra organisasi kita menurun/rusak. (Yulianita, 2003: 42)
Fungsi Public Relations
Untuk mengkaji tentang fungsi public relations berikut akan dikutip tentang beberapa pendapat ahli Public Relations antara lain:

1) Betrand R Canfield
Dalam bukunya “Public Relations Principles and Problems” mengemukakan tiga fungsi public relations:
1. It Should serve the public’s interest (mengabdi kepada kepentingan publik)
2. Maintain good communication (memelihara komunikasi yang baik)
3. And stress good morals and manners (menitikberatkan moral dan tingkah laku yang baik).

2) Cutlip and Center:
Dalam bukunya “Effective Public Relations” mengemukakan pula tiga fungsi Public Relations:
1. To ascertain and evaluate public opinion as it relates to his organization (menjamin dan menilai opini publik yang ada dari organisasi)
2. To counsel executives on ways of dealing with public opinion as it exist (untuk memberikan nasehat/ penerangan pada mamajemen dalam hubungannya dengan opini publik yang ada)
3. To use communication to influence public opinion (untuk menggunakan komunikasi dalam rangka mempengaruhi opini publik).

3) Onong Uchjana Effendy:
Dalam bukunya “Hubungan Masyarakat” mengemukakan empat fungsi dari Public Relations, yaitu:
1. Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi.
2. Membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik, baik publik ekstern maupun intern.
3. Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publik dan menyalurkan opini publik kepada organisasi.
4. Melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum. 

Dari ketiga fungsi di atas pada dasarnya dapat ditarik suatu kesimpulan tentang fungsi Public Relations secara universal sehingga mudah untuk dipahami dan dilaksanakan oleh seorang Humas yaitu hanya menyangkut dua fungsi Public Relations yang pada prinsipnya adalah:
1. Menyampaikan kebijaksanaan manajemen pada publik.
2. Menyampaikan opini publik pada manajemen. (Yulianita, 2003:49)

Tugas Public Relations
Setelah mengetahui fungsi dari Public Relations maka tugas Public Relations pun cukup banyak. Menurut Rachmadi tugas seorang Public Relations ialah sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi atau pesan secara lisan, tertulis atau melalui gambar (visual) kepada publik, sehingga publik mempunyai pengertian yang benar tentang hal-ikhwal perusahaan atau lembaga, segenap tujuan serta kegiatan yang dilakukan.
2. Memonitor, merekam dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat-pendapat umum atau masyarakat.
3. Mempelajari dan melakukan analisis reaksi publik terhadap kebijakan perusahaan atau lembaga, maupun segala macam pendapat (public acceptance dan non- acceptance). 
4. Menyelenggarakan hubungan yang baik dengan masyarakat dan media massa untuk memperoleh public favour, public opinion dan perubahan sikap.

Penelitian ini berhubungan dengan salah satu tugas Public Relations yang bertanggung jawab atas penyampaian informasi atau pesan, salah satunya informasi atau pesan yang disampaikan melalui penyampaian press release kepada para wartawan yang dilakukan guna memperoleh persepsi yang bersifat positif mengenai instansi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Definisi Public Relations Menurut Ahli"

Posting Komentar

Blog ini jauh dari kata sempurna sehingga memerlukan Saran dari Sobat Pembaca